Windows Live Messenger + Facebook

Sabtu, 13 April 2013

Pengertian Panel Surya,Penggunaannya,serta Kelemahan dan Keunggulannya.

Pengertian Panel Surya
 
     Panel surya adalah perangkat rakitan sel-sel fotovoltaik yang  mengkonversi sinar matahari menjadi listrik. Ketika memproduksi panel surya, produsen harus memastikan bahwa sel-sel surya saling terhubung secara elektrik antara satu dengan yang lain pada sistem tersebut. Sel surya juga perlu dilindungi dari kelembaban dan kerusakan mekanis karena hal ini dapat merusak efisiensi panel surya secara signifikan, dan menurunkan masa pakai dari yang diharapkan.

Panel surya biasanya memiliki umur 20+ tahun yang biasanya dalam jangka waktu tersebut pemilik panel surya tidak akan mengalami penurunan efisiensi yang signifikan. Namun, meskipun dengan kemajuan teknologi mutahir, sebagian besar panel surya komersial saat ini hanya mencapai efisiensi 15% dan hal ini tentunya merupakan salah satu alasan utama mengapa industri energi surya masih tidak dapat bersaing dengan bahan bakar fosil. Panel surya komersial sangat jarang yang melampaui efisiensi 20%.

Karena peralatan rumah saat ini berjalan di alternating current (AC), panel surya harus memiliki power inverter yang mengubah arus direct current (DC) dari sel surya menjadi alternating current (AC).

Posisi ideal panel surya adalah menghadap langsung ke sinar matahari (untuk memastikan efisiensi maksimum). Panel surya modern memiliki perlindungan overheating yang baik dalam bentuk semen konduktif termal. Perlindungan overheating penting dikarenakan panel surya mengkonversi kurang dari 20% dari energi surya yang ada menjadi listrik, sementara sisanya akan terbuang sebagai panas, dan tanpa perlindungan yang memadai kejadian overheating dapat  menurunkan efisiensi panel surya secara signifikan.

Panel surya sangat mudah dalam hal pemeliharaan karena tidak ada bagian yang bergerak. Satu-satunya hal yang harus dikhawatirkan adalah memastikan untuk menyingkirkan segala hal yang dapat menghalangi sinar matahari ke panel surya tersebut.

Mengapa kita perlu menginstal panel surya dan bukannya terus bersahabat dengan bahan bakar fosil? Jawabannya sederhana - panel surya tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya seperti dalam pembakaran bahan bakar fosil dan oleh karena itu tidak memberikan kontribusi terhadap dampak perubahan iklim. Dengan panel surya kita mendapatkan energi bersih dari sumber energi yang paling berlimpah di planet kita.

Mengapa masih sedikit orang yang memanfaatkan energi surya? panel surya masih merupakan pilihan energi yang lebih mahal dibandingkan bertahan dengan bahan bakar fosil dan masih banyak orang yang tidak bersedia membayar lebih untuk biaya energi, terlepas apakah ini membantu lingkungan atau tidak.

Jumlah negara yang memberikan insentif untuk energi surya terus meningkat yang berarti bahwa panel surya menjadi lebih efektif dalam hal biaya dan jumlah pemilik rumah dan bisnis yang tertarik untuk menggunakan panel surya terus tumbuh sepanjang waktu.

http://3.bp.blogspot.com/-atVu4GBGTgs/T4zUKFAE0wI/AAAAAAAAATM/rM1pFIvN91o/s1600/solar+panel.jpg

Energi matahari menjadi pilihan energi terbarukan yang menarik bagi banyak pemilik rumah di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan menggunakan panel surya yang perlu Anda ketahui.

Keunggulan Panel Surya:
  • Panel surya ramah lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim seperti pada kasus penggunaan bahan bakar fosil karena panel surya tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbon dioksida.
  • Panel surya memanfaatkan energi matahari dan matahari adalah bentuk energi paling berlimpah yang tersedia di planet kita.
  • Panel surya mudah dipasang dan memiliki biaya pemeliharaan yang sangat rendah karena tidak ada bagian yang bergerak.
  • Panel surya tidak memberikan kontribusi terhadap polusi suara dan bekerja dengan sangat diam.
  • Banyak negara di seluruh dunia menawarkan insentif yang menguntungkan bagi pemilik rumah yang menggunakan panel surya. 
  • Harga panel surya terus turun meskipun mereka masih harus bersaing dengan bahan bakar fosil.
  • Tidak diharuskan membeli semua panel surya yang diperlukan dalam waktu yang sama, tetapi dapat dibeli secara bertahap yang berarti Anda tidak perlu melakukan investasi besar secara instan.
  • Panel surya tidak kehilangan banyak efisiensi dalam masa pakai mereka yang mencapai 20+ tahun.
  • Masa pakainya yang panjang, mecapai 25-30 tahun, menggaransi penggunanya akan menghemat biaya energi dalam jangka panjang pula.

Kelemahan Panel Surya:
  • Panel surya masih relatif mahal, bahkan meskipun setelah banyak mengalami penurunan harga. Harga panel rumah sedang saat ini sekitar $ 12000-18000.
  • Panel surya masih perlu meningkatkan efisiensi secara signifikan karena banyak sinar matahari terbuang sia-sia dan berubah menjadi panas. Rata-rata panel surya saat ini mencapai efisiensi kurang dari 20%.
  • Jika tidak terpasang dengan baik dapat terjadi over-heating  pada panel surya.
  • Panel surya terbuat dari beberapa bahan yang tidak ramah lingkungan.
  • Daur ulang panel surya yang tak terpakai lagi dapat menyebabkan kerusakan lingkungan jika tidak dilakukan dengan hati-hati karena silikon, selenium, kadmium, dan sulfur heksafluorida (merupakan gas rumah kaca), kesemuanya dapat ditemukan di panel surya dan bisa menjadi sumber pencemaran selama proses daur ulang.
Energi surya disebut-sebut oleh banyak orang sebagai sumber energi utama di masa depan, jadi mari kita melihat keuggulan dan kelemahan energi surya.
Energi surya memiliki keunggulan yang lebih banyak dibandingkan dengan kelemahannya, tapi kelemahan ini masih merupakan batu sandungan utama untuk pemakaian energi surya yang lebih luas.

Keunggulan dan Kelemahan Energi Surya.
Sekarang pertama-tama kita akan membahas keunggulan dari energi surya.

Kita sudah mengetahui, bahwa energi surya merupakan sumber energi terbarukan. Matahari hampir tak terbatas sebagai sumber energi, dan energi surya tidak dapat habis, tidak seperti bahan bakar fosil yang akhirnya akan habis. Setelah bahan bakar fosil habis, dunia akan memerlukan alternatif sumber energi yang baik, dan energi surya jelas terlihat sebagai salah satu alternatif terbaik.

Energi surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi karbon berbahaya yang berkontribusi terhadap perubahan iklim seperti pada bahan bakar fosil. Setiap watt energi yang dihasilkan dari matahari berarti kita telah mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, dan dengan demikian kita benar-benar telah mengurangi dampak perubahan iklim. Penelitian terbaru melaporkan bahwa rata-rata sistem rumah surya mampu mengurangi 18 ton emisi gas rumah kaca di lingkungan setiap tahunnya. Energi surya juga tidak memancarkan oksida nitrogen atau sulfur dioksida yang berarti tidak menyebabkan hujan asam atau kabut asap.

Matahari merupakan sumber energi yang benar-benar bebas untuk digunakan oleh setiap orang. Tidak ada yang memiliki Matahari, jadi setelah Anda menutupi biaya investasi awal, pemakaian energi selanjutnya dapat dikatakan gratis.

Lebih banyak energi matahari yang kita gunakan maka semakin sedikit kita bergantung pada bahan bakar fosil. Ini berarti akan meningkatkan ketahanan dan keamanan energi, karena akan mengurangi kebutuhan impor minyak dari pihak asing.

Dalam jangka panjang energi surya akan menghemat pengeluaran uang untuk energi. Biaya awalnya memang cukup signifikan, namun setelah beberapa waktu Anda akan memiliki akses ke energi yang benar-benar gratis, dan jika sistem rumah tenaga surya menghasilkan energi yang lebih dari yang Anda butuhkan, di beberapa negara perusahaan listrik dapat membelinya dari Anda, yang berarti ada potensi keuntungan ekstra terlibat. Ada juga banyak negara yang menawarkan insentif keuangan untuk menggunakan energi surya.

Panel surya beroperasi tanpa mengeluarkan suara (tidak seperti turbin angin besar) sehingga tidak menyebabkan polusi suara. Panel surya biasanya memiliki umur yang sangat lama, minimal 30 tahun, dan biaya pemeliharaannya sangat rendah karena tidak ada bagian yang bergerak. Panel surya juga cukup mudah untuk diinstal.

Energi surya adalah salah satu pilihan energi terbaik untuk daerah-daerah terpencil, bilamana jaringan distribusi listrik tidak praktis atau tidak memungkinkan untuk di-instal.

Kelemahan utama dari energi surya adalah biaya awal yang tinggi. Panel surya terbuat dari bahan mahal, bahkan dengan penurunan harga yang terjadi hampir setiap tahun, harganya tetap terasa mahal.

Panel surya juga perlu untuk ditingkatkan efisiensinya. Untuk mencapai tingkat efisiensi yang memadai dibutuhkan lokasi instalasi yang luas, dan panel surya ini idealnya diarahkan ke matahari, tanpa hambatan seperti pohon dan gedung tinggi, untuk mencapai tingkat efisiensi yang diperlukan.

Energi surya membutuhkan solusi penyimpanan energi murah dan efisien karena matahari adalah sumber energi intermiten (tidak kontinyu).

Proyek-proyek energi surya skala besar (pembangkit listrik tenaga surya yang besar) akan membutuhkan lahan yang luas, dan banyak air untuk tujuan pendinginan.

Banyak daerah di dunia yang tidak memiliki cukup sinar matahari untuk menjadikan energi surya bernilai ekonomis. Karena itu, solusi ilmiah yang lebih maju sangat diperlukan untuk membuat energi surya menjadi komersial di daerah-daerah tersebut.

Seperti yang telah disebutkan di atas, energi surya benar-benar memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kekurangannya, tetapi biaya awal yang tinggi dan masalah efisiensi tidak dapat diabaikan.




Sistem Listrik Tenaga Surya untuk Rumah

Bagi pemilik rumah yang sadar lingkungan, energi surya atau energi matahari adalah cara untuk mendapatkan keuntungan dari sumber daya terbarukan sekaligus mengurangi tagihan listrik mereka. Sistem surya di rumah memerlukan investasi di depan, tetapi bermanfaat untuk menghemat biaya bahan bakar dan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil yang tak terbaharukan.

Manfaat terbesar dari sistem pemanfaatan energi surya adalah bahwa bahan bakar ini gratis dan sumbernya tidak terbatas. Hanya dibutuhkan sedikit pemeliharaan terhadap panel surya karena tidak ada bagian yang bergerak. Bahkan, banyak produsen yang mengaransi bahwa produk mereka akan tetap berfungsi engan baik hingga dua puluh lima tahun.

Jika terjadi pemadaman listrik oleh PLN, rumah bertenaga surya tidak terpengaruh. Itu berarti bahwa meskipun terjadi kerusakan parah pada jaringan listrik PLN, keluarga Anda masih dapat menikmati kenyamanan di rumah yang memanfaatkan listrik tenaga surya. Untuk lingkungan, penggunaan energi surya tidak menghasilkan emisi karena tidak ada pembakaran bahan bakar fosil. Harga energi surya terus menurun dan karena teknologi baru terus muncul, biaya pemasangan sistem listrik tenaga surya akan terus menurun.

Perangkat Sistem Listrik Tenaga Surya
Meskipun  perangkat listrik tenaga surya untuk rumah telah umum dalam beberapa tahun terakhir, peralatan ini bisa berbahaya. Karena petunjuk yang tercantum tampaknya mudah untuk diikuti, beberapa orang melupakan fakta bahwa mereka bekerja dengan listrik. Untuk amannya, seseorang yang membeli perangkat sistim listrik tenaga surya untuk rumah harus membaca petunjuk secara menyeluruh. Sering kali lebih aman bila menyewa seorang installer yang profesional, karena para profesional telah mendapatkan pengalaman yang lebih, mereka jauh lebih mampu menangani resiko yang mungkin muncul dalam penggunaan perangkat sistem listrik tenaga surya untuk rumah kita.

Kekurangan Sistem Listrik Tenaga Surya
Meskipun listrik tenaga surya merupakan sumber energi yang bersih, sel surya yang dibuang tidak ramah lingkungan!Pengertian Panel Surya,Penggunaannya,serta Kelemahan dan Keunggulannya

Sebagian besar sel surya yang digunakan untuk membuat sistem tenaga listrik untuk rumah mengandung zat yang sangat beracun yang dikenal sebagai kadmium, yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan serius jika tidak dibuang dengan benar. Namun, energi surya adalah teknologi yang maju pesat, sehingga wajar bahwa kita berpikiran bahwa isu pencemaran kadmium ini akan teratasi.

Masalah lain yang terdapat pada tenaga surya adalah pasokan sinar matahari. Banyak tempat yang memiliki cahaya yang cukup untuk mengoperasikan sistem listrik tenaga surya, tetapi ada daerah di ujung utara dan selatan bumi yang mengalami kegelapan hingga sebulan dalam setahun.

Disamping tenaga surya adalah sebagai langkah maju untuk mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil, namun tetap ada beberapa kelemahan di dalamnnya. Seperti dalam hal menempatkan investasi dimanapun, konsumen harus benar-benar menyeleksi pilihan-pilihan yang mereka miliki dan berkonsultasi dengan para profesional.

Penting untuk diingat bahwa membangun rumah surya bukan hanya mengenai investasi keuangan, tapi investasi bagi masa depan planet yang bersih, yang akan menyelamatkan generasi mendatang.






Penggunaan Energi Surya Di Hari Mendung



Dengan hampir setiap negara di dunia mencari cara kreatif untuk menghasilkan energi untuk rumah dan keperluan bisnis, maka tidak mengherankan bahwa tenaga surya mendapat perhatian lebih. Meskipun telah banyak orang yang telah memahami dasar-dasar cara kerja panel surya dan caranya untuk menyimpan energi, masih banyak orang yang tidak memahami seluk-beluk bagaimana tenaga surya dihasilkan.

Berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu menjernihkan mitos-mitos mengenai apa yang bisa dan tidak bisa dicapai dengan menggunakan sistem listrik tenaga surya.

Listrik Tenaga Surya di Hari Cerah
Mungkin salah satu mitos paling umum mengenai penggunaan energi surya adalah bahwa pada hari-hari ketika cuaca mendung atau tidak ada sinar matahari yang banyak, sistem listrik tenaga surya akan berhenti sama sekali. Untungnya, hal ini tidak terjadi karena beberapa alasan.

Pertama, sama seperti kita yang masih dapat merasakan sengatan matahari pada hari berawan, panel surya masih dapat mengumpulkan sejumlah energi dari sinar matahari, bahkan pada hari mendung.

Meskipun benar bahwa jumlah energi yang dapat dikumpulkan tentu berkurang dari jumlah yang dapat ditangkap pada hari yang cerah, proses pengumpulan energi tetap berlangsung setiap saat bila masih ada sejumlah sinar matahari. Selain itu, energi listrik dari tenaga surya dapat disimpan dalam baterai yang sering disebut sebagai modul surya. Energi pada modul ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik pada malam hari serta melengkapi jumlah listrik yang dikumpulkan pada saat hari berawan.

Kedua, menurut pengalaman, di sebagian besar negara memperoleh rata-rata sinar matahari yang cukup untuk memproduksi tenaga surya sebagai sumber energi yang layak bagi kebutuhan di rumah. Misalnya, Inggris rata-rata mendapatkan 2,5 jam sinar matahari untuk memproduksi energi per hari selama setahun. Rata-rata ini lebih dari cukup dengan penggunaan teknologi mutahir untuk memenuhi kebutuhan energi rata-rata rumah tangga.
Karena metode untuk memanfaatkan dan menyimpan energi sinar matahari terus membaik, kita dapat mengasumsikan bahwa tenaga surya akan dapat mencukupi kebutuhan energi pada hari berawan serta di malam hari.

Saat ini, panel energi surya dapat menangkap energi di kisaran lima belas hingga dua puluh persen selama hari berawan dibandingkan energi yang dikumpulkan pada hari-hari cerah. Dalam banyak kasus, persentase yang tampaknya rendah ini cukup untuk memasok kebutuhan listrik di rumah tersebut tanpa harus bergantung pada daya baterai surya dibuat yang sudah siap digunakan. Dan juga, tenaga surya tidak hanya merupakan cara yang baik untuk memenuhi tuntutan konsumsi energi di rumah saat ini, tapi juga memiliki kemampuan untuk memproduksi lebih banyak daya energi untuk disimpan guna penggunaan yang lebih luas, yaitu hanya dengan memperbanyak array panel surya dan sistem penyimpanan baterainya.

Tentu saja, tenaga surya masih merupakan sumber daya yang relatif baru dalam penjelajahan kita untuk mendapatkan energi alternatif. Meskipun konsep tenaga surya telah membuat beberapa langkah besar dalam tiga puluh tahun terakhir ini, para pendukungnya mengatakan bahwa pada dekade selanjutnya kita akan melihat sejumlah progres pada teknologi listrik tenaga surya. Inovasi yang baru akan menciptakan pefaatan sinar matahari bahkan menjadi lebih layak, tidak hanya aman dan bersih untuk rumah, tetapi juga untuk keperluan bisnis dan gedung perkotaan juga.
 







Tidak ada komentar: